The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Beda Asam Kandis dan Asam Jawa, Asam Sunti, Asam Gelugur

Asam kandis, asam gelugur, asam jawa, dan asam sunti sama-sama berasa asam dan sering digunakan sebagai bumbu dapur. Yang dimanfaatkan sebagai bumbu adalah buahnya. Namun keempatnya tidak sama dan mempunyai perbedaan.

Beda asam kandis dan asam jawa ada beberapa hal. Pohon asam kandis mencapai tinggi sekitar 15-30 meter, daunnya cukup besar. Pohon asam Jawa juga besar namun daunnya kecil-kecil.

Sedangkan pohon asam gelugur tingginya juga bisa mencapai 30 meter. Asam sunti sendiri berasal dari belimbing sayur (belimbing wuluh) yang pohonnya kecil dan tidak begitu tinggi.

Beda asam sunti dan asam kandis yang paling mencolok pada buahnya. Belimbing sayur yang digunakan untuk membuat asam sunti buahnya berwarna hijau muda, berair, ukurannya agak kecil dan bentuknya bulat lonjong.

Buah asam kandis bulat agak besar dengan diameter sekitar 9 cm. Buah yang masih muda warnanya hijau, buah tua warnanya kuning agak kecoklatan.

Meski sekerabat, beda asam kandis dan asam gelugur salah satunya adalah buahnya. Buah asam gelugur agak besar, kurang lebih seukuran dengan buah asam kandis. Namun bentuknya beda, mempunyai tonjolan-tonjolan mirip dengan labu kuning (waluh, labu parang).

Asam Jawa buahnya pipih panjang. Jika masih muda warnanya putih kehijauan, dan buah tua berwarna kecoklatan.

Buah asam kandis yang dipakai sebagai bumbu masakan adalah buah segar atau kering. Biasa digunakan untuk bumbu masakan Sumatera Barat seperti rendang, kalio, samba lado tanak, asam padeh, dan pindang.

Buah segar juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur, dibuat acar dan selai. Asam kandis juga bisa dibuat menjadi minuman.

Asam kandis biasa diiris tipis lalu dijemur sampai kering. Jika digunakan dalam masakan tidak membuat kuah masakan menjadi keruh. Asam kandis kering juga digunakan sebagai campuran untuk membuat kue bolu.

Asam Jawa dimanfaatkan buahnya baik yang masih muda maupun buah tua sebagai bumbu masakan. Seperti pecel, sayur asem, rujak kangkung, dan lainnya. Buah tua membuat kuah masakan menjadi keruh.

Buah asam Jawa tua sering juga dipakai sebagai bahan pembuat minuman seperti wedang asem dan jamu kunyit asem. Selain itu biasa juga dibuat menjadi permen.

Asam sunti adalah bumbu khas Aceh, berasal dari buah belimbing sayur tua yang diberi garam lalu dikeringkan. Saat proses pengeringan akan keluar air yang bisa digunakan menjadi campuran rujak buah. Biasa digunakan untuk memasak sayur asam keueng, keumamah, kari, campuran telur dadar, dan lainnya.

Mirip dengan asam kandis, asam gelugur juga diiris-iris buahnya lalu dijemur kemudian digunakan sebagai bumbu masakan. Saya belum pernah mencoba tapi kabarnya rasa asamnya lebih ringan.

Biasa digunakan sebagai bumbu di daerah Sumatera untuk memasak gulai, pindang, ikan mas arsik, dan lainnya. Buah segarnya juga bisa dibuat menjadi manisan dan minuman.

Image: Bishnu Sarangi (asam gelugur), Siva prasad (belimbing sayur), Ambady Sasi (asam Jawa), Pixabay & Wikipedia (asam kandis)

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_kandis
  • https://www.youtube.com/watch?v=ii0RSuAtg-8
  • https://www.youtube.com/watch?v=bN6wGhIhp6E
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_gelugur
  • Ngobrol dengan Munandar, teman saya dari Aceh.
Share your love
Purwanto
Purwanto

Suka masak dan makan, menyukai dunia kuliner. Sehari-hari bekerja sebagai penulis, blogger, SEO.

Articles: 23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *