The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

3 Tips Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Saat itu saya hanya punya nasi, tidak ada sayur maupun lauk, uang juga sedang tidak ada. Sekedar mie instan juga sedang tidak punya. Bagaimana biar bisa ada lauk atau sayur untuk makan?

Setelah berpikir beberapa lama saya keluar ke halaman dimana tumbuh sebatang pohon pepaya. Saya memetik beberapa daunnya, akan saya masak tumis.

Saya tidak keberatan makan tumis pepaya yang pahit. Tapi hari itu saya ingin tumis pepaya yang tidak pahit, yang asin dan gurih.

Maka daun-daun pepaya itu saya rebus utuh bersama segumpal kecil tanah bersih yang saya ambil dari halaman rumah juga. Sebuah tips memasak daun pepaya agar tidak pahit yang saya dapatkan dari masa lalu. Entah dari siapa, mungkin dari ibu saya ketika mengajari saya memasak waktu remaja dahulu.

Kemudian saya ambil sehelai, cuci bersih dan cicipi ternyata masih ada sedikit rasa pahitnya. Saya rebus lagi dan tambahkan tanah liat lebih banyak. Saya cicipi lagi kali ini pahitnya sudah tidak ada.

Daun pepaya saya cuci di air mengalir beberapa kali untuk memastikan benar-benar bersih dari tanah. Kemudian saya iris-iris dan saya masak tumis. Hari itu saya makan sedap dengan sayur tumis daun pepaya.

Merebus daun pepaya dengan tanah bagi saya adalah cara terampuh mengurangi atau menghilangkan rasa pahitnya. Kalau kamu kesulitan mendapatkan tanah yang bersih, bisa mencoba tips memasak daun pepaya agar tidak pahit lainnya.

Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji beberapa lembar. Pahit daun pepaya akan terkurangi, mungkin kalau ingin pahitnya menjadi sangat terkurangi daun jambunya bisa ditambah. Tapi hati-hati, siapa tahu daun jambu biji yang banyak itu bisa merubah rasa daun pepaya.

Kamu juga bisa merebus daun pepaya dengan baking powder untuk mengurangi pahitnya. Baking powder juga akan membuat tekstur daun pepaya empuk. Mungkin kamu harus perhatikan jumlah baking powder yang digunakan atau lama perebusannya, agar daun pepaya justru tidak menjadi hancur.

Gambar oleh Vijaya narasimha dari Pixabay

Share your love
Purwanto
Purwanto

Suka masak dan makan, menyukai dunia kuliner. Sehari-hari bekerja sebagai penulis, blogger, SEO.

Articles: 23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *