The Best Fluffy Pancakes recipe you will fall in love with. Full of tips and tricks to help you make the best pancakes.

Cara Memasak Ampela Ayam Supaya Empuk (Mudah)

Banyak yang suka ampela ayam, termasuk saya yang menggemari masakan-masakan ampela ayam. Namun seringkali saya mendapati ampela ayam yang tidak empuk, masih alot, sehingga kenikmatan makan agak terganggu. Padahal, ampela ayam akan jauh lebih nikmat jika empuk dan mudah dikunyah.

Agar puas saya akhirnya berniat masak ampela ayam sendiri. Ternyata cara memasak ampela ayam supaya empuk cukup mudah.

Rebus ampela ayam tanpa bumbu selama 20-30 menit, atau sampai empuk. Jika kamu cek ternyata ampelanya masih alot, lanjutkan merebus sampai empuk. Selama merebus kalau suka bisa kamu tambahkan daun jeruk untuk menghilangkan amis.

Proses perebusan tanpa bumbu ini bertujuan untuk membuat ampela ayam menjadi empuk tanpa mempengaruhi rasa pada masakan selanjutnya. Setelah empuk lalu tiriskan, dan ampela ayam siap diolah untuk berbagai masakan seperti tumis ampela, sambal goreng ampela, ampela masak kecap, dan sebagainya.

Untuk masakan yang melibatkan perebusan atau pengukusan seperti rendang, sop, asem-asem, semur, pepes, atau garang asem. Sebaiknya waktu perebusan atau pengukusan ampela ayam setidaknya 20-30 menit. Atau sampai ampelanya benar-benar empuk.

Jika ampela ayam akan digoreng atau dipanggang, sebaiknya ampela tersebut diungkep terlebih dahulu sampai empuk. Dalam proses pengungkepan ini ampela ayam akan direbus bersama bumbu cukup lama, sehingga teksturnya menjadi empuk dan bercita rasa lezat. Ketika digoreng atau dipanggang bisa menghasilkan tekstur ampela yang agak krispi di luar namun tetap empuk enak dikunyah.

Cara terakhir jika punya gunakan pressure cooker atau panci presto untuk memasak, maka ampela akan jadi lebih cepat empuk. Namun hati-hati ya jika memasak ampelanya bersama dengan hati ayam. Baik menggunakan presto atau direbus maupun ungkep biasa, jika terlalu lama proses memasaknya hati bisa menjadi hancur.

Karena itu kalau memungkinkan masak ampela dan hati secara terpisah, atau masak ampela sampai agak empuk baru hati ayam dimasukkan. Jika memang harus memasak hati dan ampela ayam bersamaan maka cek berkala apakah ampela sudah cukup empuk dan perhatikan juga tekstur hati ayam. Sehingga didapat hasil ideal yaitu ampela tidak alot dan hati juga masih utuh tidak hancur.

Foto: Gulai hati ampela, Midori CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Share your love
Purwanto
Purwanto

Suka masak dan makan, menyukai dunia kuliner. Sehari-hari bekerja sebagai penulis, blogger, SEO.

Articles: 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *